SAPPORO JEPANG

Kota Sapporo Jepang


Kota Sapporo

Sapporo (札幌市 Sapporo-shi) Adalah sebuah kota yang terletak di Prefektur Hokkaido atau lebih tepatnya di subprefektur Ishikari, Jepang. Kota ini memiliki populasi sebesar 1.955.155 pada tahun 2018 sehingga menempatkan kota ini sebagai kota dengan populasi terbesar ke-5 di jepang setelah Tokyo, Yokohama, Osaka, dan Nagoya. Kota yang memiliki luas 1.121,26km² pernah menjadi tuan rumah ajang olahraga musim dingin terbesar yaitu Olimpiade Musim Dingin ke-11 pada tahun 1972 dan yang pertama kali diadakan di kawasan asia. Kota ini juga terkenal akan Festival Musim Dingin tahunan atau lebih dikenal dengan Festival Salju Sapporo (さっぽろ雪まつり Sapporo Yuki Matsuri).

  • GEOGRAFI
 Sapporo terletak di seblah barat dataran Ishikari dan terletak di Aluvial Fan sungai  Toyohira yang berasal dari aliran Sungai Ishikari. Di bagian barat serta selatan kota ini dapat dijumpai beberapa gunung seperti Gunung Teine, Gunung Maruyama, Gunung Moiwa. serta terdapat beberapa sungai yang mengalir di kota ini seperti Sungai Ishikari, Sungai Toyohira, serta Sungai Sōsei.
Di Sapporo terdapat banyak taman salah satunya adalah Taman Odori. Taman odori merupakan tempat diselenggarakannya banyak festival tahunan di sapporo. Bukan hanya taman odori, Sapporo juga masih memiliki beberapa taman lainnya seperti Taman Moerenuma yang merupakan taman terbesar di sapporo.


Salju Di Kota Sapporo

Kota-kota tetangga dengan sapporo diantaranya  Ishikari, Ebetsu, Kitahiroshima, Eniwa, Chitose, Otaru, date, serta Tobetsu, Kimobetsu, dan Kyōgoku.
  • DISTRIK

Kota Sapporo dibagi menjadi 10 distrik ( Ku)
1. Atsubetsu-ku (厚別区)
2. Chūō-ku (中央区)
3. Higashi-ku (東区)
4. Kita-ku (北区)
5. Kiyota-ku (清田区)
6. Minami-ku (南区)
7. Nishi-ku (西区)
8. Shiroishi-ku (白石区)
9. Teine-ku (手稲区)
10. Toyohira-ku (豊平区)

Distrik Di Sapporo

  • IKLIM


Data Iklim Sapporo Japan (1981-2010)

Sapporo memiliki iklim lembap (humid continental climate) (Köppen: dfa),  dengan perbedaan temperatur yang cukup tinggi antara musim dingin dengan musim panas. Musim dingin biasanya sangat dingin serta sangat bersalju, namun saat musim panas tidak terlalu panas namun serta tidak terlalu lembap.
Saat Musim dingin salju turun rata-rata 5,96m (19kaki 7 inch) pertahun, sehingga menjadikan sapporo sebagai salah satu kota besar di dunia dengan curah salju turun tertinggi di dunia. Maka dari itu pula banyak event-event yang berkaitan dengan salju di kota ini. 

  • EKONOMI


Pasar Tradisional Sapporo

Sektor ekonomi di sapporo didominasi oleh sektor perindustrian, banyak perusahaan besar didirikan di kota ini baik industri Teknologi informasi, retail, dan juga industri pariwisata, karena kota sapporo salah satu kota tujuan terbaik saat musim dingin maka tak heran banyak sekali wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke kota ini. Kota ini juga merupakan pusat dari produk-produk lokal di hokkaido, baik makanan, Kerajinan, dan lain-lain.
Kota Ini juga menjadi markas atau kantor dari Hokkaido Air Service atau sering disebut Air Do yang berlokasi di Chūō-ku. Pada tahun 2004, Air Nippon Network atau A-net mendirikan markas di Higashi-ku.
Pada area Metropolitan Sapporo pada tahun 2010 memiliki total PDB sebesar US$ 8,47 Miliar, dan PDB per Kapita sebesar US$32.446 pada tahun 2014.


  • DEMOGRAFI

Sapporo People

Pada tanggal 30 September 2018 tercatat terdapat 1.955.115 orang yang mendiami kota ini, sehinggakota yang memiliki luas 1.121,26 km² ini memiliki kepadatan penduduk sebesar 1.744 per km².

  • TRANSPORTASI

Sapporo Streetcar


Sapporo Memiliki 1 jalur tram, 3 jalur JR Hokkaido, 3 jalur kereta bawah tanah, 2 kereta gantung, JR Bus, serta Chūō Bus.
  • RAPID TRANSIT
1. Sapporo Municipal Subway

2. Sapporo Streetcar (tram)
3. Mt. Moiwa Ropeway
4. Mt. Taine Ropeway

  • KERETA

JR Hakodate



1. Jalur Hakodate: Hoshimi Hoshioki Inaho Teine Taman Inazumi Hassamu Hassamu Chūō Kotoni Sōen Sapporo Naebo Shiroishi Atsubetsu Shinrinkōen

2. Jalur Chitose: Shiroishi - Heiwa Shin Sapporo Kami Nopporo
3. Jalur Sasshō (Jalur Gakuentoshi): Sōen Hachiken Shinkawa Shinkotoni Taihei Yurigahara Shinoro Takuhoku Ainosato Kyōikudai Taman Ainosato

  • UDARA

New Chitose Airport



Terdapat 2 bandara yang saat ini masih beroperasi di wilayah Sapporo yaitu Bandara Okadama serta Bandara New Chitose. Bandara Okadama terletak di pusat kota Sapporo yang melayani penerbangan domestik, sedangkan Bandara New Chitose adalah bansara yang terletak di kota Chitose atau sekitar 48 km atau 40 menit perjalan menggunakan Kereta cepat, bandara ini melayani penerbangan internasional serta penerbangan domestik.

  • TEMPAT MENARIK

Menara Tv Sapporo


1. Bekas gedung pemerintahan Hokkaido

2. Menara jam sapporo
3. Kuil Hokkaido
4. Museum Arsip Sapporo
5. Museum bir Sapporo
6. Menara TV Sapporo
7. Sapporo Convention Center

  • TAMAN

Taman Nakajima


1. Taman Odori
2. Taman Nakajima
3. Taman Moerenuma
4. Taman Maruyama

  • FESTIVAL

Sapporo Snow Festival
Februari: Sapporo Snow Festival
Mei: Sapporo Lilac Festival
Juni: Yasokai Soran Festival
Sapporo Summer Festival
September: Sapporo Autumn Festival
Desember: Pasar Natal

  • MAKANAN

Kouraku Ramen



Sapporo dikenal sebagai tempat pembuatan bir Sapporo, salah satu yang terbaik di Hokkaido, dan biskuit cokelat putih yang bernama 'shiroi koibito' (白い 恋人). Bukan hanya itu sapporo juga dikenal sebagai tempat lahirnya miso ramen. Kouraku Ramen Meitengai di distrik Susukino adalah yang paling terkenal, di tempat itu banyak restoran miso ramen. Hidangan khas Sapporo lainnya adalah kari sup, kari kuah yang dibuat dengan sayuran dan ayam atau daging lainnya, dan jingisukan, hidangan domba bakar yang diberi nama Genghis Khan. Sapporo juga terkenal akan makanan laut segar termasuk salmon, landak laut, dan kepiting.



Itulah Sedikit Review mengenai kota Sapporo jepang yang terkenal dan indah, jika ada yang mau copas untuk pekerjaan sekolah dan sebagainya harap ijin dahulu di komentar. Jika kamu suka cantumkan sumber Blog ini dan bagikan ke teman kamu 😊

  • FOLLOW ME AT
  1. IG : @fanijoy
  2. Fb : Joy Fani
  3. email : joyfani04@gmail.com



Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Analog Kanan mati/tidak berfungsi pada Fifa (Fix Analog Kanan)

M416 VS M16A4 Assault Riffle Who the Best?